Jumat, 03 Mei 2013

Menilik Aneka Satwa di Taman Safari 2, Prigen-Jatim

Ini adalah sebuah perjalanan wisata bersama sahabat-sahabat Gardep 42. Ditengah kesibukan 'ngeshift' kami yang padat, kami ingin menyempatkan lliburan barang sehari. Dan kesempatan itu datang ketika sahabat saya Puspa, memiliki bayak tiket gratis yang tidak dimanfaatkan oleh keluarganya dalam acara touring bersama yang diadakan oleh Koperasi dimana ia dan keluarganya menabung ke Taman Safari 2 di Prigen, Jawa Timur. Keluarga Puspa pun dengan baik hati memberikan tiket tersebut untuk Puspa dan teman-temannya, dan alhasil 11 personel terkumpul untuk bertamasya ke Jawa Timur. Formasi kami terdiri dari saya -Puspa - Martin - Menik- Ipeh - Hamdan - Amy - Tifa - Farah - Mbak Muti - dan Mas Yoyo.
Tanggal 20 Januari 2012 tepatnya pukul 20.00 kami berkumpul di rumah Puspa yang terletak di daerah Prambanan. Keluarga Puspa amat baik, bahkan sampai menawarkan kami makan malam 'Ayam Goreng Mbok Berek', dan dengan lahapnya seperti tidak pernah makan enak, kami makan dengan lahapnya. Pukul 22.00, kami diantar oleh keluarganya Puspa menggunakan mobil ke base point pemberangkatan. Kami pun naik ke dalam bus pariwisata yang masih baru, yang memilih duduk di deretan belakang. Maklum anak muda.. hehe
Malam itu kami lalui dengan ngobrol, bercanda, foto-foto bersama, dan akhirnya terlelap sementara  bus masih terus melaju membawa kami ke tujuan destinasi.

Suasana malam di dalam bus Pariwisata saat perjalanan menuju Taman Safari 2, Prigen-Jatim
Bumi berputar mendekati waktu subuh. Pukul 04.00 subuh kami singgah di Masjid Muhammad Cheng Ho di daerah Pandaan Kabupaten Pasuruan. Sudah tak begitu jauh lagi dari tujuan destinasi kami. Disini kami diperkenankan untuk menjalankan ibadah salah Subuh bagi yang muslim. Sementara yang lain juga bisa cuci muka, mandi, atau  berganti pakaian. Sekitar pukul 06.00 kami melanjutkan perjalanan kami langsung menuju ke Taman Safari 2.

Berpose di depan Masjid Muhammad Cheng Ho Pandaan-Pasuruan
Tak beberapa lama, walaupun dengan kondisi sedikit padat karena banyaknya antrian, akhirnya kami tiba ditujuan. Yeahh, Taman Safari! Tanpa harus turun dari bus, kami beserta rombongan langsung dibawa masuk ke dalam lokasi taman satwa. Luar biasa. Dari dalam kaca bus, kami memandangi dan mengamati hewan-hewan yang ada dari sisi kiri maupun kanan. Banyak sekali hewan yang dapat dilihat. Mulai dari yang kecil, sampai yang besar. Dari yang jinak sampai yang buas. Berbagai macam unggas, harimau, kanguru, jerapah, zebra, dll banyak sekali dapat diamati. Dilatarbelakangi hutan, taman, bahkan pepohonan pinus yang menambah indah panorama, mereka melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari tidur, berlarian, dan bahkan mencoba kawin. hehehehe.. Selama kuang lebih 1 jam kami dibawa berkeliling mengamati satwa-satwa yang ada dan menikmati panorama hutan yang indah.

Pemandangan Taman Satwa Taman Safari 2 dari dalam bus.
Setelah puas berkeliling taman satwa dengan pus pariwisata, akhirnya bus ini berhenti di area parkir. Dan selanjutnya kami dipandu menuju taman rekereasi Taman Safari 2. Di taman ini terdapat banyak wahana, permainan, dan pertunjukan. Ada Puri Hantu, Pertunjukan Dolphin, Wahana Sepeda Udara, Go Car dan juga Waterboom. Asekkk, inilah yang saya suka. Kmi pun sepakat untuk membeli tiket all access seharga 20ribu rupiah berupa gelang yang dipakai di tangan. Tanpa berlama-lama kami pun mencoba wahana-wahana yang ada, baik wahana outbond maupun yang wahana berair.

Tiket all access berupa gelang seharga 20ribu
Salat satu wahana permainan sepeda udara yang ada di Taman Safari 2
Setelah puas menikmati wahana permainan yang ada, kami langsung menuju ke area Waterboom. Kami pun langsung berganti pakaian untuk berenang. Unfortunatelly Amy dan Tifa ga bawa pakaian ganti sama sekali dan kokoh Martin gak bawa celana kolor untuk dipakai berenang, akhirnya kokoh Martin pun membeli celana renang yang sangat minimalis di toko souvenir yang disediakan. Then, kita semua menikmati 'bermain-dalam-air' bersama-bersama kecuali Amy dan Tifa. Mereka hanya nonton dan sesekali ikut berfoto bersama. Kami menikmati wahana sliding yang ada dan mencobanya berulang-ulang sampai puas rasanya.

Waterboom Taman Safari 2
Menjelang sore, kami pun selesai bermain di Waterboom. Kami lalu bilas dan berganti pakain di ruang ganti. Sembari menunggu teman-teman yang sedang bilas, beberpa dari kami mampir ke toko souvenir untuk membeli oleh-oleh khas Taman Safari. Ada kaos, topi, stiker, dll yang bercorak satwa-satwa Taman Safari. Setelah semua selesai bilas dan berbelanja, kami pun melanjutkan perjalanan kami menuju kantin untuk makan siang. Kami berpencar untuk mencari makanan favorit masing-masing. Harga makanan di sini cukup mahal, sekitar Rp 20.000, namun apa boleh buat, energi sudah banyak terkuat setelah puas bermain seharian.
Setelah makan siang, hal terakhir yang kami lakukan di sana adalah melihat pertunjukan Dolphin. Kami langsung menuju teater dolphin yang sudah ramai dipadati pengunjung.Penonton dihibur oleh atraksi-atraksi dolphin yang memukau dan kadang jenaka.

Teater tempat pertunjukan Dolphin yang dipadati penonton
Dan finally, perjalanan kami terhenti sampai disini. Kami dan seluruh rombongan diminta untuk masuk ke dalam bus untuk melanjutkan perjalanan. Bus itu pun melaju membawa kami kembali ke kota kami tercinta, Yogykarta. Terimakasih untuk Puspa yang sudah merelakan tiketnya untuk saya dan teman-teman sehingga tercipta perjalanan yang luar biasa ini. Perjalanan yang akan selalu saya kenang bersama sahabat-sahabat gardep 42.