Jumat, 03 Mei 2013

Amazingly Karimunjawa, Warna-Warni Panorama Bawah Laut

Kali ini perjalanan saya bersama teman-teman SMA saya yang terdiri atas saya-Uut-Muti-Presti-Cachu-Joko-dan Zein, melanglang buana sampai pada kepulauan bagian utara pulau Jawa, tepatnya sebelah utara Kabupaten Jepara, yaitu Kepulauan Karimunjawa. Dalam perjalanan kali ini, kami memutuskan untuk menggunakan jasa tour agent. Setelah meng-arange jadwal dengan tour agent nya, pada tanggal 23 Juli 2010 pukul 21.00 kami berkumpul dirumah Muti sebagai base point keberangkatan kami. Kami akan melakukan perjalanan menuju pelabuhan Kartini, Jepara menggunakan Travel. Kami menyewa 1mobil travel seharga 450ribu, sehingga 1 orang iuran 65 ribu untuk biaya travel. Pukul 23.00 travelnya datang. Sebuah mobil caravan merk Daihatsu Zebra, yang artinya seat kedua bagian tengah itu BOLONG! Kami pun menaiki mobil tersebut dengan formasi Zein di seat depan bersama supir, saya-Cachu-Joko di seat belakang, dan Muti-Presti-Uut di seat tengah. Dan Uut lah yang menjadi korban kursi bolong pada seat kedua. Di tengah perjalanan Uut sampai-sampai rela tidur dibawah jok mobil saking tidak nyamannya. *LOL
Perjalanan kami cukup lancar, hanya saja mobil sempat mogok di sekitar semarang dikarenakan air radiator mobil yang kami tumpangi habis, but so far kami selamata sampa pelabuhan Kartini Jepara pada sekitar pukul 04.00 dinihari.

Keadaan di sekitar pelabuhan cukup sepi, namun terlihat juga beberpa backpaker yang ingin berpetualang di kepulauan Karimunjawa sama seperti kami. Akhirnya kami menggembel duduk di luar kantor pelabuhan menunggu datangnya jam 7pagi, waktu janjian kami dengan touragentnya. Kami habiskan waktu kami sambil makan, ngobrol, dan bercanda.
Nggembel di Pelabuhan Kartini-Jepara
Sekitar pukul 07.00 tour agent kami datang. Dia adalah mas Yogdi dari Solo, ditemani sahabatya mas Zuki. Kami pun melunasi biaya perjalanan kami pada touragentnya. For your information,  kami mendapat harga yang extremely murah, 300ribu per orang all in, except food. Untuk tambah biaya makanan selama di Karimunjawa, kami dikenakan biaya tambahan sbesar 50ribu rupiah. Cukup Murah :)
Pukul 08.00 kami semua pun melanjutkan perjalanan menyeberangi laut jawa utara dengan menggunakan kapal feri ekonomi KMP Muria. Perjalanan kami memakan waktu 6jam dari pelabuhan Kartini Jepara hingga Karimunjawa. Di dalam kapal itu terasa panas, mual, dan membosankan, namun semua terbayarkan setelah kami sampai di kepulauan karimunjawa. Rasa lelah secara mendadak hilang seketika. Kami tiba di pelabuhan sekitar pukul 14.30.
Di dalam kapal KMP Muria
Tiba di dermaga Karimunjawa
Selanjutnya kami berjalan kaki menuju penginapan. Kebanyakan penginapan di Karimunjawa adalah rumah-rumah penduduk yang disewakan, namun juga ada beberapa hotel yang tersedia. Penginapan kami adalah sebuah rumah sederhana dengan 2buah kamar tidur, 1ruang tamu, 1 ruang tengah, dapur, dan 1 kamar mandi. Dan dalam rumah ini kami berbagi dengan rombongan mahasiswa UI Jakarta. Karena mereka juga menggunakan jasa mas Yogdi sebagai tour agent mereka. Setelah beramah tamah dengan pemilik rumah dan rombongan dari UI tersebut, kami masuk kedalam kamar untuk menata barang-barang kami. Ya, 1 kamar tersebut akan dihuni orang 7manusia dengan gender yang  berbeda alias cowok-cewek campur. Untungnya ada 2 buah kasur di dalam kamar. 1 kasur untuk pria, dan 1 kasur untuk wanita, jadi amaannnn... hehehe.
Setelah selesai menata barang bawaan kami, kami berencana melakukan jalan sore keliling pulau. Kami pun berjalan menuju pelabuhan kapal-kapal nelayan yang ada di sebelah barat alun-alun Karimunjawa. Kami menikmati indahnya sunset di Karimunjawa sembari mengambil foto-foto untuk diabadikan.

Menikmati sunset dari dermaga
Keesokan harinya, kami bangun pukul 06.00 dan mulai antre untuk mandi. Setelah sarapan pagi, pada pukul 08.00 kami menuju dermaga untuk memulai kegiatan snorkeling. Kami pun sudah dibekali peralatan snorkeling berupa sepatu katak, pelampung, kacamata snorkeling, dll. Kami lalu dibawa ke tengah laut dan diberhentikan pada sebuah titik snorkeling. Kami semua lalu disuruh menceburkan diri ke laut. Dan woowww.. Pemandangan bawah laut yang amat luar biasa. Begitu berwarna dan begitu indah. Dihiasi berbagai macam spesies ikan dan hewan laut berbagai rupa. Tak bosan-bosan kami membenamkan muka kami ke dalam laut untuk memandang panorama bawah laut yang begitu luatb biasa. Sekitar satu jam Snorkeling di spot itu, kami lalu beranjak ke kapal menuju ke pulau Menjangan Kecil. Disana, kami melewatkan waktu bermain pasir yang luar biasa putih di tepi pantai, sambil bermain air dan mencari fosil-fosil laut yang ada. Menjelang tengah hari, kami masih melewatkan waktu di pulau ini dengan membakar ikan bersama-sama untuk disantap sebagai menu makan siang. So yummy..

Snorkeling

Suasana di atas perahu
Bermain pasir pantai di Pulau Menjangan Kecil
Setelah kenyang menyantap santapan siang, kami kembali menuju kapal untuk diberangkatkan. Tujuan kami selanjutnya adalah pulau Cemara besar. Namun sebelumnya kami diantar terlebih dahulu ke spot snorkeling selanjutnya untuk menikmati pemandangan bawah laut di sisi lain. Panorama bawah air di titik ini sangat indah, bahkan melebihi keindahan di spot pertama. Terumbu karang nya lebih variatif dan lebih berwarna-warni. Sungguh mempesona.
Setelah lelah melakukan snorkeling, kami lalu melanjutkan perjalanan menuju pulau Cemara Besar. Di pulau ini terdapat batuan  besar-besar mirip seperti yang ada di Kepulauan Bangka-Belitung. Kami pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan momen tersebut ke dalam gambar.

Batuan di pulau Cemara Besar.
Setelah kunjungan ke pulau Cemara besar, selesailah perjalanan hari ini. Kami lalu berlayar menuju dermaga dan berjalan menuju penginapan. Malamnya, kami sempatkan mampir ke Alun-alun Karimunjawa untuk mencicipi jajanan disana.
Keesokan harinya pukul 08.00 pagi perjalanan kami dilanjutkan kembali. Sama seperti hari sebelumnya, hari ini kami akan mengunjungi beberapa pulau, dan snorkeling di beberapa spot lagi. Pertama-tama kami diterjunkan ke sbuah spot snorkeling. Tak bosan-bosan nya kami berenang kesana-kemari memandangi terumbu karang dan berbagai spesies hewan laut yang amat cantik. Indah tak terlupakan. Seanjutnya kami berlayar menuju pulau Tengah. Disana kami menghabiskan waktu bermain pasing pantai sembari membaka ikan untuk makan siang. Di pulau ini terdapat terdapat dermaga yang juga terdapat bangunan apung di tengah laut. Dalam bangunan itu, dijajakan makanan gorengan dan juga es kelapa muda. So tasty :)

Keindahan Pulau Tengah

Setelah puas menyantap makanan di pulau Tengah, kami kembali melanjutkan perjalanan menuju Pulau Menjangan Besar. Disini terdapat kolam penangkaran hiu dan tukik. Tanpa basa-basi kami langsung menceburkan diri ke dalam kolam, berenang bersama ikan hiu. Agak sedikit ngeri sebenarnya, tapi inilah sensasinya berenang bersama hiu. Di kolam ini juga kami menemukan bintang laut yang amat besar. Matahari sudah hampir terbenam di ufuk barat, dan penelusuran kami menjelajah kepulauan Karimunjawa berakhir di petang ini. Kami kembali ke penginapan untuk membersihkan diri dan makan malam.
Mas Yogdi (kiri) - Saya (kanan)
 Berenang bersama ikan hiu, tukik, dan bintang laut di Pulau Menjangan Besar
Malamnya kami menyempatkan diri berkunjung ke sentra penjualan oleh-oleh khas Karimunjawa. Kami membeli berbagai macam oleh-oleh. Mulai dari kaos, kalung, gelang, hiasan kerang, makanan khas, rumput laut kering, dll. Harga oleh-oleh disini bisa dikatakan relatif cukup murah.
Keesokan harinya, kami berangkat meninggalkan homestay menuju dermaga Karimunjawa. Disana kapal feri KMP Muria sudah menunggu kami untuk diboyong menuju tanah Jawa lagi. Sungguh liburan yang teramat sangat menyenangkan dan tak akan terlupakan. Keindahannya, keramahannya, akan selalu membuat saya pribadi ingin kesana lagi suatu hari nanti. Good bye KarJaw, I'll see u soon :)