Jumat, 03 Mei 2013

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Keindahan dalam Hamparan Karts BatuGamping

Kali ini merupakan ide dari teman saya Muti untuk melancong ke Air Terjun Sri Gethuk. Sebuah air terjun yang terletak di kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Berbekal sedikit makanan dan semangat berlibur, hari itu Sabtu, 4 Februari 2012 dengan personel saya-Uut-Muti-Brian-Onid-Cachu&gebetan barunya berangkat menuju lokasi wisata Air Terjun Sri Gethuk. Kami melalui jalur jalan Wonosari. Setelah melewati bukit bintang, perempatan menuju Dlingo masih lurus terus ke arah Wonosari. Hingga perempatan lampu merah menuju kawasan hutan Wanagama, kami masih mengambil jalan lurus. Setelah itu terdapat pertigaan lampu merah, kami berbelok kanan mengikuti jalan dan papan penunjuk jalan ke arah air terjun Sri Gethuk.

Mendekati lokasi air terjun, jalanan semakin menyempit dan yang tadinya berupa jalan aspal kini berubah menjadi jalanan tanah berbatu kecil-kecil. Hingga pada akhirnya kami tiba di lokasi, kami memarkirkan sepeda motor kami di area parkir yang disediakan. Dari area parkir tersebut kami masih harus berjalan kaki kira-kira setengah kilometer menuruni lereng hingga sampai di tepi sungai. Dari tepi sungai tersebut barulah kita harus menggunakan transportasi sungai berupa kapal tongkang yang disediakan oleh penduduk sekitar sebagai sarana transportasi menuju lokai air terjun Sri Gethuk. Untuk menaiki kapal tongkang tersebut, setiap pengunjung dikenakan biaya sebesar 5ribu rupiah untuk perjalanan pulang-pergi.

Sarana Tansportasi Kapal Tongkang menuju Air Terjun Sri Gethuk

Disitu tidak ada pengunjung lain selain kami. Alhasil kami bertujuh naik dalam 1 kapal menuju ke lokasi air terjun. Disepanjang perjalanan menuju air terjun, kami disuguhi pemandangan yang sangat mempesona seperti air terjun kecil yang jatuh diatas karts batugamping. Selain itu sisi kanan kiri sungai juga dihiasi oleh karts batugamping dengan perlapisannya yang seperti kue lapis. Sungguh indah.

Pemandangan air terjun kecil-kecil sepanjang perjalanan menuju kair terjun Sri Gethuk

Kurang lebih 10menit, kami sampai di lokasi air terjun. It's really beautiful. Tak berlama-lama lagi, kami langsung turun dari kapal tongkang dan langsung mendaki karts batuan gamping menuju ke tepian air terjun. Aliran dari air terjun sangat deras. Sehingga kecil kemungkinan aman untuk digunakan mandi. Disana kami duduk, berfoto ria, sambil menikmati keindahan alam air terjun Sri Gethuk. :)

Berpose di Air Terjun Sri Gethuk

Sebuah memori yang tak terlupakan, hingga akhirnya waktu mengharuskan kami untuk pulang. Kami dijemput kembali dengan kapal tongkang dan diantar sampai ke tepian sungai dekat tempat parkir. Lalu kami berjalan kaki naik menuju ke tempat parkir dan kembali menuju kota Yogyakarta tercinta.